Roh Kudus

0
31

5 Pencurahan Roh Kudus di dalam Alkitab yaitu di Yerusalem, Samaria, Tarsus, Kaesaria Dan Efesus.

Efesus menjadi pusat kekristenan dunia untuk membawa Injil ke seluruh dunia. Injil di bawa ke benua Eropa, dgn gerakan pietisme, morovian, Methodis, Neo Pentakosta, Azusa Street , Kharismatik dan Neo Post Penatkosta dgn adanya gerakan yg baru. Belum ada gereja yg sempurna maka Roh Kudus menyempurnakan.

Perjalanan Pencurahan Roh Kudus di Indonesia

1563 tanah Minahasa dilayani Portugis maka Api Roh Kudus membakar gereja yg ada, dan membwa air maka merka juga di lawatan oleh Roh Kudus dgn populasi 90 org percaya Warga Soe bernama Mel Tari atau Melchoir Tari berjudul ‘Like A Mighty Wind’. Dia baru berumur 18 tahun saat sebuah kebangunan rohani besar terjadi di Indonesia pada 26 September 1965 itu. 1769-1833 Joseph Kam datang ke Ambon membawa Injil seorg pemotong rambut. Pada waktu sebelum dia dtg maka mereka dilawat oleh Roh Kudus. 1834 Nomensen dipakai untuk tanah Batak dan berdoa di Tarutung dan menjdi Ephoris yg pertama dari gereja HKBP

1855 Tuhan memakai Carl Wilhelm Ottow dan Johann Gottlob Geissler misionari dari Jerman membawa Injil ke tanah Papua

1863 Fredrick lodwick membawa Injil masuk ke Jakarta

1865 Deninger membawa Injil di Nias dengan gerakkan Fangesa Dede, ketika mereka mabuk maka Roh Kudus melawat mereka dan berbalik dan mencari Tuhan sehingga ada perubahan dan jejak pekerjaan Roh Kudus masih ada.

Kita perlu perhatikan bhwa Roh Kudus masih belum berakhir. Manusia duniawi pada akhir zaman

Yudas 1:19-20

Pad waktu manusia menolak karya Roh Kudus maka manusia akan menjadi pemecah belah dan hidup dalam duniawi, mereka bebas tanpa hukum, kedisplinan dan kasih.
Roh Kudus di utus untuk mengingatkan dunia akan dosa, penghakiman dan kebenaran. Tetapi waktu kita menolak maka manusia akan jauh dari kebenaran. Pada waktu kita menolak kebenaran maka kita akan kehilangan damai sejahtera.
2 Tes 2:7-8; tanpa Roh Kudus maka kejahatan akan menjadi sempurna. Antikris akan menucul ketika Roh Kudus di angkat dari dunia ini. Pengajaran tentang pengangkatan yaitu: Pre tribulation, most dan Post Tribulation. GBI menganut paham Pre Tribulation.

Gereja adalah menjadi garam dan terang dunia. Kekutan gereja maka kita akan mengenal kebenaran melalui Roh Kudus. Pada waktu kita menolak Roh Kudus maka kita tidak akan sanggup untuk mengasihi. 1 Tim 1:7
Roma 5:5 tanpa Roh Kudus mustahil kita dapat mengasihi Allah. Tanpa Roh Kudus maka kita tidak akan mengenal kasih Bapa, yaitu kasih Agape, kasih Bapa akan kita nikmati ketika Roh Kudus berkarya dalam hidup kita. Semakin kita dipenuhi Roh Kudus, maka kita akan menikmati kasih Tuhan yg besar.

Matius 24:38; Kenajisan dan Kekejian. Keadaan
Manusia terakhir maka mnusia akan makan, minum dan kawin mengawinkan. Alkitab mencatat maka org berbahagia maka org akan makan minum dan anggur akan meriangkan hidup manusia bahkan uang akan menjadi segalanya. Ada beberapa anak-anak Tuhan yg rela meninggalkan imannya maka dia bebas untuk menikah lagi. Dosa yg spesifik adalah dosa sama seperti Nuh hidup. Kejadian 6:3; Roh Manusia tidak selamanya tinggal di dalam Manusia. Mengpa Tuhan tidak betah tinggal dalam tubuh kita? Karena Tubuh kita adalah menjadi tempat dosa berdiam. Poligami dan Roh Allah Kejadian 6:1-2, dasar pernikahan karena kecantikan saja, tetapi untuk mendapatkan keturunan ilahi. Pada waktu Tuhan melihat keadaan terakhir maka nubuatan ini akan digenapi.

Tuhan akan mengukur, Bait Allah, Mezbah dan org yg beribadah. Bagaimana Tuhan menguduskan Mezbah? Pernikahan dan Mezbah. Malekhi 2:13-14; Pada waktu pernikahan maka kita saling janji dalam pernikahan. Pengkhianatan akan menghancurkan dan mencemarkan Mezbah yg kita bangun. Malekhi 3 maka Tuhan akan memurnikan Mezbah. Karena janji Tuhan Dia akan memulihkan keluarga-keluarga.

Mal.2:15-16; Tuhan sangat membenci perceraian, karena itu akan melahirkan kekerasan.

Amsal 18:19 (TB) Saudara yang dikhianati lebih sulit dihampiri dari pada kota yang kuat, dan pertengkaran adalah seperti palang gapura sebuah puri.

Org yg dikhinati sangat sulit untuk dihampiri karena pintu hatinya tertutup. Dalam PL dan PB Roh Kudus bekerja berbeda, karena dalam hatinya akan mengalir aliran air hidup. Pada waktu dikhinati maka pintu hati akan tertutup sehingga susah untuk mengalirkan sesuatu. Kekerasan adalah tiang penopang. Yeh, 7:11; Kekerasan lahir oleh karena adanya perceraian. KDRT meningkat tajam karena WFH maka tingkat perceraian terjadi. Perempuan menggugat cerai pria.

Dosa spesifik adalah dosa kawin mengawinkan.

Wahyu 17:1-2; 4; Kenajisan dan Percabulan. Dosa itu nikmat rasanya tetapi ujungnya menuju maut. Percabulan memiliki teman baik yaitu kekejian dan kekerasan. Org cabul sangat kejam dan keji. Jangan beranggapan ini biasa-biasa saja, ingat karena Tuhan menciptakan kita menurut gambar dan rupaNya bukannya kekejian dan kekejaman. Oleh sebab itu jgn kita melewati waktu- waktu Pencurahan Roh Kudus. Yoel 2:28; Tuhan akan mencurahkan RohNya kepada semua manusia di tengah-tengah percabulan dan kekerasan yg merajalela maka Tuhan akan mencurahkan Roh KudusNya kepada manusia daging.

Mengapa kita perlu Roh Kudus? Maka tanpa Roh Kudus maka kita tidak akan bertobat. Daud adalah pribadi yg tidak sempurna tetapi dia disebut sebagai pribadi yg berkenan padahal dia suka kepada istri org lain. Apa yg menjadi doa Daud? Supaya Tuhan jangan mengambil RohNya dari dalm hidupnya. Ingat peristiwa Natan menegur Daud dan Daud bertobat dgn apa yg dia lakukan. Seorang hamba Tuhan yg tidak mengakui kesalahannya maka Roh Allah meninggalkan hidupnya. Daging akan mengusai seseorang dan Roh Kudus dicurahkan maka Roh Kudus akan membuat pertobtan yaitu mengingatkan kebenaran, penghakiman dan dosa. Pada waktu kita mau ikuti tuntunan Roh Kudus maka padang gurun akan menjadi kebun buah-buahan, Yesaya 32:15-17. Pada waktu kita tidak mengakui maka kita akan tinggal di Padang gurun. Dan waktu Roh Kudus menjamah kita maka kita akan menikmati kebun buah-buahan.

Hidup ini adalah pilihan dan biarlah kita memilih kebenaran.

Yesaya 44:3-4; Tuhan akan mengurapi keturunan kita.

Tuhan Yesus Memberkati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.