Rededication for The Lord’s House (Rededikasi untuk Membangun Rumah Tuhan)

0
251

Sikap Allah terhadap Pembangunan Gereja ( Hagai 1:16-20)
Ada dua sikap Allah terhadap pembangunan gereja
1. Allah membenci umat yang mengabaikan pembangunan-Nya ( Hagai 2 : 16-18)
Dalam nats ini Hagai mengajak umat melihat bagaimana pada masa lampau ALlah menghukum mereka karena mengabaikan pembangunan bait Tuhan, dan Allah menyindir mereka dengan keras. Dalam Hagai 1 : 4 dikatakan “apakah sudah tiba waktunya bagi kamu untuk mendiami rumah-rumahmu yang dipapani dengan baik ,sedangkan Rumah ini tetap menjadi reruntuhan? . sikap umat yang mengabaikan pembangunan ini, membuat Tuhan menghukum mereka dengan hama, penyakit gandum serta hujan batu. hal ini menghancurkan panen mereka dan Tuhan tidak melepaskan mereka sampai mereka membangun BaitNya.
Mengapa Bait Tuhan begitu penting bagi Allah?
Karena bait Tuhan adalah tempat Tuhan menyatakan diriNyam tempat dimana Tuhan dimuliakan. sehingga pada hakekatnya pengabaian pembangunan Bait Tuhan adalah pengabaian Tuhan sendiri. Sama hal nya dengan Bait Tuhan secara fisik (bangunan) yang dianggap penting oleh Tuhan untuk diperhatikan oleh setiap umat manusia, demikian juga dengan tubuh kita yang adlah bait Tuhan yang harus kita perhatikan baik secara rohani maupun jasmani.
Dalam 1 Korintus 3:16-17 “Tidak tahukah kamu, bahwa kamu adalah bait Allah dan bahwa Roh Allah diam didalam kamu? Jika ada orang yang membinasakan bait Allah, maka Allah akan membinasakan dia. sebab bait Allah adalah kudus dan bait Allah itu ialah kamu”.
Apa yang harus kita perhatikan sebagai Bait Allah?
– Doa secara pribadi
– Merenungkan dan melakukan firman Tuhan
– memuji dan menyembah Tuhan
– Memperhatikan kebutuhan Gedung Gereja

2. Allah memberkati orang yang membangun Bait-Nya ( Hagai 2:20)
“Apakah benih masih tinggal tersimpan dalam lumbung, dan apakah pohon anggur dan pohon ara, pohon delima dan pohon zaitun belum berbuah? Mulai dari hari ini Aku akan memberi Berkat”.

Esensi pembangunan gereja Tuhan adalah pembangunan hidup kita yang mengutamakan Tuhan, tetapi tentu Saja tidak mengabaikan pembangunan fisik gereja tempat kita beribadah. Allah akan membenci orang yang mengabaikan pembangunan gereja-Nya sebaliknya memberkati orang yang terlibat dalam pembangunan itu.
Tuhan Yesus Memberkati

Bahan Sharing : Pdm. Yusuf Lai

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.