NYANYIAN BARU

0
54

Mazmur 40:3    “Ia memberikan nyanyian baru dalam mulutku untuk memuji Allah kita. Banyak orang akan melihatnya dan menjadi takut, lalu percaya kepada Tuhan.”

  1. Mulut kita hanya di pakai untuk memuliakan Tuhan

Matius 12:36-37,   ” Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap kata sia-sia yang di ucapkan orang harus dipertanggungjawabkannya pada hari penghakiman. Karena menurut ucapanmu engkau akan dibenarkan, dan menurut ucapanmu pula engkau akan dihukum.”

Ayat ini bukan untuk orang yang tidak percaya, tetapi kepada orang yang percaya, yaitu saudara dan saya. Setiap perkataan harus dipertanggungjawabkan pada hari penghakiaman. Oleh karena itu, kita harus berhati- hati dengan kata-kata kita. Jadi jangan sampai kita mengeluarkan gosip, fitnah, hoax dan ujaran kebencian. Peredaraan hoax hari-hari ini semakin memburuk. Mungkin ada yang berkata bahwa tidak pernah berkata seperti itu, tapi melalui jari-jari yang mengetik pesan di handphone. Melalui media sosial lebih jahat lagi karena apa yang ada di dalam hatinya dituangkan dalam bentuk pesan yang diketik dengan jari- jarinya dan disebar. Dang orang- orang yang menulis justru ada juga anak- anak Tuhan.

Apa yang Tuhan kehendaki keluar dari mulut ini? Yang Tuhan mau adalah seperti ini “Mulutku penuh pujian kepadaMu, ya Yesus Tuhan. Sepanjang hari kuberi penghormatan kepadaMu, ya Allahku.” Apakah kita mau memohon ampun dan berjanji untuk tidak mengeluarkan kata- kata sia- sia dari mulut kita? Marilah kita bertobat dan mulai sekarang, dari mulut ini yang keluar hanya puji-pujian.

2. Tuhan  memberikan nyanyian baru kepada yang mengasihi-nya

Mazmur 40:3,   “Ia memberikan nyanyian baru dalam mulutkuuntuk memuji Allah kita. Banyak orang akan melihatnya dan menjadi takut, lalu percaya kepada Tuhan.”

Kta-kata ditulis oleh Daud. Ayat ini ada lagunya dan lagu ini merupakan isi hati Tuhan. Biasanya lagu ini digabung dengan syair, Yesus cinta saya, Yesus cinta kamu, Yesus cinta semuanya, Firman-Nya digenapi. Firman Tuhan berkata, Berilah maka kamu akan diberi…”, oleh sebab itu mari kita memberkati yang lain terlebih dahulu, Yesus cinta saya, Yesus cinta kamu, Yesus cinta semuanya, Firman-Nya digenapi.” Ingat baik-baik bahwa Tuhan Yesus mengasihi kita semua. Apapun masalahnya, kita pasti kuat karena Tuhan Yesus mengasihi kita.

Nyanyian Baru

Apa yang disebut dengan nyanyian baru?” Nyanyian baru adalah nyanyian untuk memuji- muji Allah kita dan itu diberika/ dinyanyikan oleh orang- orang yang mengasihi Dia, artinya orang- orang yang mengikuti atau hidup sesuai dengan Firman-Nya. Tuhan pasti memberikan nyanyian baru kepada kita. Ketika anda menyanyikan nyanyian itu; orang melihatnya, menjadi takut, lalu percaya kepada Tuhan. Tuhan memberikan nyanyian baru kepada anak-anak-Nya yang mengasihi Dia, yang hidup sesuai kehendakNya.

Paulus dan Silas menyembuhkan seorang anak yang mempunyai roh tenung di mana tenungannya itu menghasilkan uang yang banyak bagi majikannya. Ketika roh tenungnya diusir keluar, majikannya marah karena kehilangan mata pencaharian. Mereka membawa Paulus dan Silas, difitnah, didera, dipukul berkali-kali dan dimasukkan ke dalam penjara bagian tengah. Tangannya dirantai dan kakinya dipasung. Secara manusia mereka dapat berkata, Tuhan, saya ini kan melakukan kehendakMu, mengusir setan; kenapa saya harus mengalami ini?” Tetapi sebaliknya, mereka melakukan Firman Tuhan 1 Tes.5:8, Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu.

Apa yang dilakukan Paulus dan Silas? Mereka menyanyikan puji-pujian! Di tengah-tengah kesakitan dengan darah yang mengucur keluar di mana mereka dipasung, mereka menyanyikan puji-pujian! Saya tidak tahu puji-pujian apa yang mereka nyanyikan, tetapi yang saya tahu yang mereka nyanyikan itu adalah nyanyian baru. Apa yang terjadi?

Ketika Paulus dan Silas mmenyanyikan nyanyian baru‘, tiba- tiba terjadilah gempa bumi yang hebat. Sendi- sendi pintu penjara bergoyang, pintu-pintu penjara terbuka, belenggu terlepas, pasungan terlepas, Paulus dan Silas bebas. Kepala penjara melihat semua itu dan menjadi takut. Apa yang ditakutkan? Dia takut pada orang, hukumannya melarikan diri termasuk Paulus dan Silas. Dia menghunus pedangnya hendak membunuh diri, tetapi pada waktu itu Paulus dan Silas berkata Jangan kamu lakukan itu, kami masih ada disini!Kemudia kepala penjara itu tersungkur di hadapan Paulus dan Silas dan dia berkata, Tuan- tuan, apa yang harus aku perbuat supaya aku mendapatkan selamat?” Langsung Paulus berkata, Engkau harus percaya kepada Tuhan Yesus Kristus, engkau akan selamat, engkau dan seisi rumah tanggamu.” Kemudian setelah itu, Paulus dan Silas menginjili kepala penjara pada malam itu dia beserta keluarganya percaya kepada Tuhan dan mereka dibaptis.

3. Mulut kita mengeluarkan doa-doa

Di tahun ini Tuhan mau dari mulut kita ini keluar doa. Kita harus terus berdoa untuk:

  • Damai bagi Indonesia agar semua radikalisme dan terorisme diubahkan dan dijadikan baik oleh Tuhan.
  • Generasi muda agar bangkit menjadi generasi yang cinta dan setia kepada Tuhan sampai akhir, yang tidak kompromi dosa dan akan melayani bangsa ini seperti yang belum pernah terjadi terjadi sebelumnya.
  • Kerajaan Tuhan datang dan kehendakNya jadi di bumi seperti di surga. Dengan ini, berarti berdoa untuk mujizat, kesembuhan, pemulihan, pertobatan, dan keselamatan. Dan juga berarti bahwa  kita merindukan kedatangan Tuhan yang kedua kalinya.

Kita yang merindukan kedatangan Tuhan Yesus pasti menginginkan Injil Kerajaan diberitakan di seluruh dunia menjadi kesaksian bagi semua bangsa. Matius 28:19-20, Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptilah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai pada akhir zaman.”  Kita harus menginjil dan bersaksi dimana saja kita berada. Saksikan tentang kebaikan Tuhan dan kita akan diberi nyanyian baru oleh Tuhan. Kita tidak bisa melakukan semua itu dengan kekuatan kita sendiri, tetapi dengan pertolongan dan kekuatan Roh Kudus. Tuhan Yesus mau kita menyelesaikan Amanat Agung dan karena itu Dia mencurahkan Roh-Nya yang luar biasa pada kita.

 

Sumber   Renungan GBI Medan Plaza 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.