Menjadi Hamba Yang Berkenan

0
50

MENJADI HAMBA YANG BERKENAN

Dalam Alkitab tidak banyak orang yang diangkat hidup-hidup tanpa melewati pintu kematian dan tinggal bersama-sama dengan Tuhan dan salah satunya adalah Henokh. Ibrani 11:5 (TB) Karena iman Henokh terangkat, supaya ia tidak mengalami kematian, dan ia tidak ditemukan, karena Allah telah mengangkatnya. Sebab sebelum ia terangkat, ia memperoleh kesaksian, bahwa ia berkenan kepada Allah.

Siapakah Henokh? Dia adalah pribadi yg berkenan dan diangkat Tuhan hidup-hidup.

Kejadian 5:22-24 (TB) Dan Henokh hidup bergaul dengan Allah selama tiga ratus tahun lagi, setelah ia memperanakkan Metusalah, dan ia memperanakkan anak-anak lelaki dan perempuan.
Jadi Henokh mencapai umur tiga ratus enam puluh lima tahun.
Dan Henokh hidup bergaul dengan Allah, lalu ia tidak ada lagi, sebab ia telah diangkat oleh Allah. Lebih dari 300 tahun maka Henokh hidup bergaul dan intim dengan Yuhan. Dia mendapat predikat sebagai yg berkenan dikarenakan dia mendedikasikan hidupnya untuk Tuhan. Henokh artinya adalah pribadi yg mengabdi kepada Tuhan. Lukas 16:13 (TB) Seorang hamba tidak dapat mengabdi kepada dua tuan. Karena jika demikian ia akan membenci yang seorang dan mengasihi yang lain, atau ia akan setia kepada yang seorang dan tidak mengindahkan yang lain. Kamu tidak dapat mengabdi kepada Allah dan kepada Mamon.”

Pilihan ada di dalam hidup kita. Jikalau kita tidak berdidikasi kepada Allah maka kita akan mengabdi kepada Mamon. Jikalau kita mau mengabdi dan persembahkan kepada Tuhan maka kita sama seperti Henokh menjadi hamba yg berkenan. Di tengah goncangan dan penuh ketidakkepastian maka Tuhan menemukan org yg berdedikasi kepada Tuhan. Manusia duniawi akan tertinggal dan menjadi Debi tetapi manusia rohani akan tinggal bersama-sama dengan Bapa yinggal dalam kemuliaan Tuhan. Galatia 5:19-21 (TB) Perbuatan daging telah nyata, yaitu: percabulan, kecemaran, hawa nafsu,
penyembahan berhala, sihir, perseteruan, perselisihan, iri hati, amarah, kepentingan diri sendiri, percideraan, roh pemecah, kedengkian, kemabukan, pesta pora dan sebagainya. Terhadap semuanya itu kuperingatkan kamu — seperti yang telah kubuat dahulu — bahwa barangsiapa melakukan hal-hal yang demikian, ia tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah.

Dalam ayat 20 ; salah satu ciri manusia yg hidup dalam kedagingan atau manusia jasmani adalah iri hati. Ada suatu kekuatan yg seperti monster atau raksasa yg mengontrol dan mengambil alih sehingga kita sulit untuk bersukacita dan kekuatan itu bernama iri hati. Siapapun kita maka kita tidak akan kebal dengan iri hati. Iri hati adalah perasaan tidak senang akibat melihat keberhasilan org lain.
Keluaran 20:17 (TB) Jangan mengingini rumah sesamamu; jangan mengingini isterinya, atau hambanya laki-laki, atau hambanya perempuan, atau lembunya atau keledainya, atau apa pun yang dipunyai sesamamu.”Iri hati merupakan perintah kesepuluh.

Mengapa Tuhan ingin supaya kita tidak lepas dari iri hati?

Alkitab memberikan contoh pribadi yg iri hati.

Ayub 5:2 (TB) Sesungguhnya, orang bodoh dibunuh oleh sakit hati, dan orang bebal dimatikan oleh iri hati. Iri hati akan mematikan yg baik dari hidup kita. Amsal 14:30 iri hati akan membusukan tulang. Dalam Alkitab banyak orang-orang yg hidup dalam iri hati yaitu Yusuf. Kejadian 37:11; Yusuf lebih diksihi oleh bapaknya. Kain dan Habel (Kejadian 4:8). Tuhan berkenan dengan persembahan Habel. Adam dan Hawa iri hati terhadap Allah sehingga kehilangan hal yg indah.

Kisah Saul dan Daud, maka Pada waktu peperangan maka Daud di sorak-sorai karena menang dalam peperangan. Saul marah terhadap Daud. Iblis sebagai malaikat terang, akan tetapi dia ingin menjadi sama seperti Allah. Dalam era digital di media sosial maka terkadang ada org yg iri hati melihat setiap status yg ada.

Ada 3 sifat buruk dari org yg iri hati:

1. Iri hati akan merusak hubungan dengan Tuhan.

Lukas 15:28-30 (TB) Maka marahlah anak sulung itu dan ia tidak mau masuk. Lalu ayahnya keluar dan berbicara dengan dia.
Tetapi ia menjawab ayahnya, katanya: Telah bertahun-tahun aku melayani bapa dan belum pernah aku melanggar perintah bapa, tetapi kepadaku belum pernah bapa memberikan seekor anak kambing untuk bersukacita dengan sahabat-sahabatku.
Tetapi baru saja datang anak bapa yang telah memboroskan harta kekayaan bapa bersama-sama dengan pelacur-pelacur, maka bapa menyembelih anak lembu tambun itu untuk dia.

Kisah anak yg hilang menceritakan antara hubungan antara Bapa dengan anaknya, akibat iri hati maka hubungan dengan Bapanya tidak baik.

2. Iri hati merusak hubungan dengan sesama.

1 Korintus 3:3 (TB) Karena kamu masih manusia duniawi. Sebab, jika di antara kamu ada iri hati dan perselisihan bukankah hal itu menunjukkan, bahwa kamu manusia duniawi dan bahwa kamu hidup secara manusiawi?

Mereka saling membandingkan satu dengan yg lainnya. Dan selama ada iri hati dan perselisihan maka kita masih melayani manusia duniawi.

3. Iri hati merusak diri kita sendiri.

Yakobus 4:1-2 (TB) Dari manakah datangnya sengketa dan pertengkaran di antara kamu? Bukankah datangnya dari hawa nafsumu yang saling berjuang di dalam tubuhmu?
Kamu mengingini sesuatu, tetapi kamu tidak memperolehnya, lalu kamu membunuh; kamu iri hati, tetapi kamu tidak mencapai tujuanmu, lalu kamu bertengkar dan kamu berkelahi. Kamu tidak memperoleh apa-apa, karena kamu tidak berdoa. Jikalau kita dipenuhi iri hati maka tujuan kita tidak akan tercapai. Jadi pada waktu kita berdoa dan memohon maka Bapa yg penuh kasih akan memberikan kepada kita. Perjuangan kita bukan datang dari hawa nafsu kita tetapi untuk menyenangkan hati Tuhan.
Iri hati tidak akan mengambil keuntungan dari dalam hidup kita sebab kita kehilangan sukacita.

Bagaimana cara mengatasi dan mengalahkan iri hati?

1. Jgn pernah membandingkan diri kita dengan org lain.

Lukas 15:30 (TB) Tetapi baru saja datang anak bapa yang telah memboroskan harta kekayaan bapa bersama-sama dengan pelacur-pelacur, maka bapa menyembelih anak lembu tambun itu untuk dia.

Jangan pernah membandingkan hidup kita dengan org lain, dan jikalau dewasa dan membandingkan hidup kita dgn yg lainnya itu sangat baik tetapi jikalau berkat dsb maka akan mendatangkan kecemburuan. Ada org diberkati dgn cara Tuhan memberkati hidup kita. Dan Tuhan mengukur dengan kehidupan kita sendiri.

Daud pernah ditegur dengan Betseba. Ketika Samuel menegur bahwa ada org miskin yg memiliki seekor domba dan kedatangan tamu dan org kaya mengambil domba org miskin maka Daud berkata harus dibunuh org tersebut. Terkadang perasaan ini kita alami dalam hidup kita.

Tuhan Mengajarkan kepada org Isrel jikalau kita menuai maka kita harus tinggalkan untuk org lain supaya ada keseimbangan Dipta org lain bisaenikmatinya.

Mampukah kita mengucap syukur ketika ada org yg berhasil?

2. Senantiasa mengucap syukur atas berkat yg sudah Tuhan sediakan.

Lukas 15:31 (TB) Kata ayahnya kepadanya: Anakku, engkau selalu bersama-sama dengan aku, dan segala kepunyaanku adalah kepunyaanmu.

Org yg iri hati tidak pernah bersykur dengan apa yg di milikinya. Mari kita bersyukur dengan apa yg kita miliki.

Tuhan Yesus Memberkati

Sumber : Gbi Rumah Persembahan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.