Manusia Rohani

0
41

MANUSIA ROHANI

Perhatikan tentang mengapa persembhan Kain di tolak dan persembhan Habel di terima? Karena seumur hidup Habel maka dia hidup benar di hadapan Tuhan sedamgkan perbuatan Kain jahat.
I Kor 3:1-3; jikalau ada iri hati diantara kita maka kita menunjukan mnusia duniawi. Manusia di Berea dan di Tesalonika berbeda karena karena perbuatannya jahat. Org Yahudi di Berea menerima firman dgn segenap hati dan menyelidiki kitab suci dgn benar. Kita tidak bisa menjadi manusia rohani jikalau kita tidak melakukan firman karena org akan melihat perbuatan hidup kita.

Ciri-ciri manusia rohani adalah bahwa hatinya terbuka untuk pertobatan. Karena kalau Dia datang maka Roh Kudus akan mengingatkan dunia akan dosa, penghakiman dan kebenaran. Daud adalah contoh pribadi yg tidak sempurna tetapi mendapat predikat sebagai pribadi yg berkenan dgn hati yg berkenan dihadapan Tuhan. Mengapa? Karena pada waktu Tuhan menegur kesalahannya maka Daud mempertarukan takhta dan kekuasaannya, tetapi dia berharap supaya Tuhan tidak mengambil Roh Nya di dalam hidupnya. Pada waktu para murid berkumpul dgn Yesus maka Dia mengjarkan tentang Doa, yaitu pada waktu kita minta Roh Kudus maka Bapa di surga memberikan yg terbaik yg ada disurga, bukan tentang hal yg lahiriah tetapi yg terbaik yg dimiliki surga yaitu Roh Kudus.

Ciri-ciri manusia rohani pada waktu di tegur maka dia berani untuk mengakui dosanya. Org yg rohani maka dia tidak mau berpisah dari Tuhan. Hari ini kita akan membahas tentang Yakub dan Esau karena mereka mempunyai latar belakang yg luar biasa karena kakeknya bernama Abraham, karena Abraham melahirkan Ishak di usianya yg tua dan di sunat pada usia 99 tahun dan waktu usia 100 tahun maka lahirlah Ishak sebagai anak perjanjian. Pada waktu mengalami kekeringan maka Ishak menabur di tengah-tengah kekeringan sehingga dia semakin diberkati. Pada waktu kekeringan maka dia menggali sumur yaitu Esek, Sitna dan Rehobot bahkan Berseba. Artinya mereka melihat campur tangan Tuhan sejak waktu masih kecil. Anak yg pertama dari Ishak yaitu Esau suka tinggal di Padang dan suka berburu sedangkan Yakub suka tinggal di rumah.
Keja 25:27; Roma 9:13; Ibrani 12:16; Esau mengandalkan kekuatannya karena kemampuan berburu sedangkan Yakub merindukan untuk mendengar cerita dari kakeknya. Yakub berusaha untuk memperoleh berkat kesulungan dgn berbagai cara.
Manusia rohani adalah manusia yg menaruh harap dan kekuatannya kepada Tuhan.

Pelarian ke Haram dan persembahan Perpuluhan

Kejadian 28:20-22 (TB) Lalu bernazarlah Yakub: “Jika Allah akan menyertai dan akan melindungi aku di jalan yang kutempuh ini, memberikan kepadaku roti untuk dimakan dan pakaian untuk dipakai, sehingga aku selamat kembali ke rumah ayahku, maka TUHAN akan menjadi Allahku. Dan batu yang kudirikan sebagai tugu ini akan menjadi rumah Allah. Dari segala sesuatu yang Engkau berikan kepadaku akan selalu kupersembahkan sepersepuluh kepada-Mu.”

Pada wktu Yakub memperoleh hak kesulungan dan merebutnya dari Esau dgn berbagai cara maka dia lari ke Haran dan sesuai Kejadian 28:20-22; Yakub bermimpi sama seperti apa yg ada kepada Abraham. Ketika Yakub bertemu dengan Tuhan maka Yakub membawa persembahan persepuluhan. Dan sama seperti Abraham bertemu dgn Melkisedek juga membawa perpuluhan. Org yg belum dijamah oleh Tuhan maka akan sangat berat untuk mereka membawa perpuluhan karena itu tanda kerohanian seseorang.Demikian juga dgn Hizkia, maka dia memerintahkan untuk menutup bukit-bukit pengorbanan dan menghancurkannya maka mereka membawa perpuluhan kepada Tuhan sehingga mereka membawa bertumpuk-tumpuk dan bersorak-sorai karena Tuhan memberkati mereka. Jadi selama berhala ada dalam hidup kita akan sulit untu membawa perpuluhan.

Tuhan menghenapi janjiNya di Bethel.

Kejadian 31:41-42 (TB) Selama dua puluh tahun ini aku di rumahmu; aku telah bekerja padamu empat belas tahun lamanya untuk mendapat kedua anakmu dan enam tahun untuk mendapat ternakmu, dan engkau telah sepuluh kali mengubah upahku.
Seandainya Allah ayahku, Allah Abraham dan Yang Disegani oleh Ishak tidak menyertai aku, tentulah engkau sekarang membiarkan aku pergi dengan tangan hampa; tetapi kesengsaraanku dan jerih payahku telah diperhatikan Allah dan Ia telah menjatuhkan putusan tadi malam.” Ketika Yakub bekerja kepada Laban maka Yakub di tipu oleh Laban berkali-kali. Tetapi jikalau Tuhan yg memberkati maka tidak ada yg mustahil bagi Tuhan. Pada waktu Yakub berjanji dan bernazar maka Tuhan memberkati dan menyertai Yakub dan membawa kembali ke rumah Bapanya.

Janji Tuhan tentang persembahan persepuluhan.

Maleakhi 3:10-11 (TB) Bawalah seluruh persembahan persepuluhan itu ke dalam rumah perbendaharaan, supaya ada persediaan makanan di rumah-Ku dan ujilah Aku, firman TUHAN semesta alam, apakah Aku tidak membukakan bagimu tingkap-tingkap langit dan mencurahkan berkat kepadamu sampai berkelimpahan.
Aku akan menghardik bagimu belalang pelahap, supaya jangan dihabisinya hasil tanahmu dan supaya jangan pohon anggur di padang tidak berbuah bagimu, firman TUHAN semesta alam.

Tuhan tidak hanya memberkati Yakub di rumah Laban saja, tetapi Tuhan menggenapi untuk kembali ke rumah Bapanya. Di Mahanaim maka Tuhan menyertai dgn Bala tentara surga.
Pada waktu Yakub berdamai dgn Esau maka maka Yakub bertemu dgn Tuhan di Pniel dan memukul pangkal paha Yakub dan sampai tua dia pincang. Yakub adalah gambran manusia rohani. Ulangan 23:7; Kejadian 32:28. Ciri-ciri orang rohani maka dia akan suka untuk perdamaian, karena org duniawi tidak suka dengan perdamaian. Sekalipun Edom adalah musuh mereka tetapi Tuhan berkata supaya kita berdamai.

Hari-hari ini muncul golongan yg pro dengan Plestina dan Isarel. Orang rohani selalu cenderung untuk berdamai bukannya mendengungkan peperangan.
Tuhan mengubah nama Yakub dari penipu menjadi israel, sehingga ketika Tuhan mengubah maka melahirkan banyak bangsa. Ulangan 20:20; Yehezkiel 25:14; Manusia Duniawi selalu menganiaya yg rohani. Jadi jgn heran jikalau ada yg mengganggu ibadah kita.

Kemurahan dan kekerasan Tuhan.

Ayub 5:17-18; Ulangan 32:35

Jangan kita memusuhi Edom dan Mesir karena kita harus berdamai dgn mereka karena dendam dan pembalasan adalah hak Tuhan. Kita melihat betapa panjang dan sabarnya Tuhan.
Amos bernubuat pada waktu Pondok Daud dipulihkan maka Edom akan dikuasai. Amos 9:12; sehingga Edom dipulihkan.

Untuk mempersembahkan Mezbah maka kita harus meninggalkan mezbah kita.

1 Tes 5:23; Perdamaian dan kesempurnaan.
Pada wktu kita berdamai maka dosa kita akan diampuni dan berusaha untuk hidup dalam perdamaian maka kita akan siap untuk menantikan kedatangan Tuhan.

Mazmur 146:5; Kehidupan Yakub tidak berhenti sampai kepada anak cucu saja tetapi sampai kepada beribu-ribu keturunan. Karena Tuhan mengubah nama Yakub.

Nubuatan tentang Allah Yakub

Yesaya 2:2-3, Tuhan mengubah manusia duniawi menjadi mnusia rohani karena banyak org yg mencari Allah Yakub. Kisah 7:46-47; Daud memiliki obsesi untuk membangun rumah untuk Allah Yakub

God Habitation dan God Visitation. Saul di urapi Tuhan dan Tuhan meninggalkan Saul tetapi Daud membangun rumah Tuhan Allah Yakub supaya Tuhan tinggal bersama dengan Tuhan.

Akhir hidup Yakub
Kejadian 48:33; Yakub memberkati anak dan cucunya ketika itu maka dia meninggal.
Daud meninggal dalam keadaan sepi karena Daud meninggalkan anak-anknya dan mati dalam keadaan sepi. Yakub dengan keempat istrinya dan ketika dia meninggal ditemani oleh anak cucu kita.

Mengapa kita memberitakan Injil? Karena Injil adalah pelayanan rekonsiliasi.

Tuhan Yesus memberkati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.