28 C
Medan
Minggu, Desember 10, 2023

Latest Posts

Keluarga Yang diberkati dan Memberkati

Kejadian 22 : 18
Ayat ini ditujukan kepada seseorang yang bernama Abraham yang merupakan bapak dari segala orang beriman. Tuhan memberkati Abraham karena ia mau mendengar suara Tuhan , dan kalua kita mau melihat berkat yang diperoleh Abraham dari Tuhan, ada 7 berkat . yang pertama pada kejadian 12 :2-3 ini merupakan berkat pertama yang diperoleh Abraham dan yang terakhir Tuhan berfirman “oleh karena kamu maka semua bngsa akan diberkati Tuhan (kejadian 22:18).
Abaraham tidak dipakai Tuhan untuk memberkati bangsa-bangsa dengan kekayaannya, karena Abraham dikenal sebagai Bapak semua orang yang beriman.
Kata “Barak” adalah 1 dari sekian banyak cara kita untuk menyembah Tuhan, kita bisa memuji dengan bertepuk tangan, dengan mengangkat tangan, menari dan juga berlutut dihadapan Tuhan sebagai tanda kita mengakui bahwa Tuhan itu adalah Tuan kita & kita merendahkan diri di hadapan Tuhan dengan melakukan Barak ( Berlutut dihdapan Tuhan dan menyembah Dia dengan sikap tubuh yang seperti ini.
Tuhan memanggil Abraham untuk keluar dari Urkasdim bukan untuk memberkati Abraham dengan berkat jasmani/materi tetapi Abraham diberkati & dipanggil oleh Tuhan untuk memberkati Tuhan itu sendiri. Banyak orang datang dan beribadah mencari Tuhan karena ia ingin diberkati, ia ingin dilindungi dan diluputkan dari segala sakit penyakit dan Tuhan merupakan jawaban bagi hidupnya. Tetapi Abraham dipanggil oleh Tuhan bukan untuk medapatkan berkat tapi Abraham dipanggil untuk memberkati Tuhan karena “Barak” ialah implikasi untuk memberkati Tuhan
Bagaimana cara kita kemudian bisa menjadi berkat? Yaitu pada waktu kita mendengar Firman Tuhan, kita renungkan firman itu siang dan malam dan kita lakukan firman itu. 1 petrus 3:9 dalam Bahasa asli hendaklah kamu memberkati. Sering sekali kita berfikir nanti kalua saya diberkati saya akan menjadi berkat. Dalam Filsafat, agama itu memiliki 3 dasar yang sangat kuat
1. Mitos (hal-hal yang sacral/suci)
2. Ritus (liturgi/ritual
3. Etos (etika)
Oleh sebab itu ratu Syeba dating melihat hikmat salomo dan ibadah yang dijalankan salomo, ratu Syeba menjadi begitu kaget dan terheran-heran karena ia melihat etika pelayan-pelayan salomo dan itu semuanya menggambarkan dalamnya pengenalan Salomo kepada Tuhan.
Yakobus 1: 26 ; ibrani 13:15
Orang yang mempersembahkan persembahan syukur yaitu dalam bentuk pujian & penyembahan maka orang itu memuliakan Tuhan lebih dari pada korban sembelihan dan korban bakar
Tahukah kita bahwa dari sejak kita dilahirkan dari sejak kita kecil Tuhan sudah meletakkan dasar kekuatan untuk mengalahkan musuh-musuh dan pendendam. Amsal berkata lidah lembut akan melunakkan hati orang yang sedang marah.
Ketika anda memuji Tuhan dan tidak bersungut-sungut dan berkeluh kesah, pada waktu anda menghadapi masalah , tantangan dan gelombang badai hidup maka Tuhan hadir atas diatas pujian dan Tuhan akan menghampiri kita dalam pergumulan dan dalam kesesakan dan menolong kita. Jika kita berkenan kepada Tuhan maka musuh kita akan diperdamaikan.

Pdt. R Bambang Yonan

Latest Posts

Flag Counter

Don't Miss